Search This Blog

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog saya. Perkenalkan nama saya Jason Budiarto, saya kerap dipanggil Jason oleh rekan-rekan kerja dan masyarakat di sekitar lingkungan saya tinggal. Saya berumur 32 tahun dan sudah menikah, saya diberkahi 2 anak perempuan dan 1 anak laki-laki. Saya adalah seorang ayah dengan pekerjaan sebagai Freelance Marketing. Saya membuat blog ini agar bisa membantu teman-teman yang sedang membutuhkan informasi seputar pekerjaan, karir, job, atau bahkan ilmu-ilmu bermanfaat seputar dunia kerja.

Wednesday, March 7, 2018

Simak 3 Tips Jitu Ini, Dijamin Langsung Dapat Kerja!




Bagi anda yang baru saja selesai dari jenjang perkuliahan, sudah waktunya untuk mencari sebuah pekerjaan. Namun sebelum anda masuk pada sebuah perusahaan atau bekerja di suatu tempat langkah awal sudah pasti adalah mengirimkan CV atau riwayat hidup anda.

Setelah itu jika anda beruntung dan memenuhi kualifikasi, anda akan dipanggil untuk interview kerja. Hal ini merupakan aspek paling penting yang harus anda persiapkan dengan matang karena merupakan salah satu faktor diterima atau tidaknya anda dalam perusahaan.

Banyak pelamar pekerjaan baru yang mempunyai kemampuan yang diatas rata-rata namun ternyata gagal dalam proses ini. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti sikap dan karakter diri anda, kematangan dalam berfikir atau persiapan dalam menjawab pertanyaan yang biasa ditanyakan saat interview kerja. 



Berikut adalah 3 tips jitu saat anda akan menghadapi interview kerja baik bagi anda yang akan melakukan interview pertama maupun yang sudah sering melakukan interview pekerjaan.

1.       Berpenampilan Rapih dan Terbaik
Sebelum berangkat menuju tempat interview kerja alangkah baiknya bagi anda untuk memilih setelan yang akan dipakai. Pilihlah pakaian yang bersih dan rapih pokonya diusahakan yang paling terbaik kalian punya. Selain itu, grooming adalah hal yang penting seperti merapihkan rambut, serta mencukur facial hair yang kalian miliki.

Bagi wanita, anda dapat menata rambut dan menggunakan make-up sederhana yang tidak terlalu menor atau berlebihan. Mengapa demikian? Karena dalam interview kerja, pertama kali yang akan dilihat oleh pewawancara sebelum masuk kedalam sesi interview adalah bagaimana penampilan anda.

Hal ini karena pewawancara tidak mempunyai waktu yang banyak untuk mengenali anda secara jauh dalam waktu yang singkat sehingga prinsip don’t judge a book by its cover menjadi tidak berlaku.
Oleh karena itu penampulan menentukan segalanya. Secara logika, apabila anda tidak dapat mengutus diri anda sendiri, bagaimana bisa mengurus perkerjaan dengan baik?

2.       Datang Lebih Awal
Tips berikutnya adalah usahakan diri anda untuk datang lebih awal ke tempat interview pekerjaan. Dengan datang lebih awal, keuntungan yang bisa didapatkan ialah anda memiliki waktu lebih yang dapat dialokasikan untuk mengatur emosi, mengontrol stress yang tidak perlu, mengumpulkan energi positif agar tetap fokus namun rileks dan menyempurnakan persiapan lainnya seperti pakaian dan make-up.

Selain hal diatas, benefit dari anda datang lebih awal ialah anda dapat mengetahui situasi di lapangan. Seperti dimana ruangan yang akan digunakan untuk interview dan tempat-tempat yang penting anda ketahui seperti toilet dan juga tempat untuk shalat. Dengan begitu kamu tidak membutuhkan banyak waktu untuk mencari tahu tempat-tempat tersebut.



3.       Mantapkan Harapanmu dan Percaya Diri
Tips yang terakhir ialah mantapkan harapanmu dan percaya diri pada saat sesi interview dilakukan. Setelah nama anda dipanggil untuk memasuki ruangan interview, ketuklah ruang interview terlebih dahulu, dan buka perlahan sambal memberi samlam dengan senyum yang hangat. Setelah anda dipersilahkan duduk, jabatlah tangan interviewer untuk mencairkan suasana yang tegang saat proses interview berlangsung.

Interviewer akan mengetahui karakter anda melalui cara anda berjabat tangan, oleh karena itu jabat tangan mereka dengan penuh keyakinan. Setelah anda duduk usahakan untuk melakukan kontak mata dengan interviewer, upayakan tersenyum saat menjawab pertanyaan. Jawablah pertanyaan dengan singkat dan jelas,  berikan jawaban tegas dan tidak bertele-tele.

Jika anda ragu dan bertele-tele, interviewer akan menilai kamu sebagai orang yang tidak bisa fokus pada suatu masalah. Selanjutnya anda harus aktif dalam percakapan, tetap rendah hati dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih pada akhir sesi interview.

0 comments:

Post a Comment